KEMATIAN



:: WAFAT PERKARA PASTI ::
.
Hidup kita telah ditentukan Waktu dan Tempatnya, TAPI manusia tak pernah kapan dan dimana itu berakhir, ditempat tidur, dijalan, ditempat kerja atau ditempat ibadah ?
.
Sudah seharusnya, kita selalu mempersiapkan diri, dan BERHATI-HATI dari DOSA, InsyaAllah, akan banyak Pertolong dari Allah swt.
.
Allah Ta’ala berfirman:
Barangsiapa menghendaki kehidupan akhirat & BERUSAHA ke arah itu dengan SUNGGUH-SUNGGUH sedang ia beriman, maka mer

eka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik” (QS Al Israa [17]: 19).
.
Semoga kita, termasuk yg bisa selalu menjaga aturan-aturan Allah Ta'ala. Mendapat Ampunan & Syafaat dari Nya.
.
Firman Allah swt. : "Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) pada setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan -Nya). (Yaitu) orang yang takut kepada Rabb Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat." (QS. 50: 32-33)
.
Kebaikan, kebahagiaan dan cobaan, keburukan atau kejahatan adalah ujian bagi manusia...

Allah Berfirman ; 'Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : "kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi ?'. (Qs. Al ankabut ayat 2)

Mengapa Siti Hajar harus berlari-lari dahulu untuk mencari air di antara bukit Shafa dan Marwa, padahal bukanlah jika Alloh mau memberikan air kepadanya begitu sangat mudah. Mengapa tidak langsung saja oleh Alloh air itu dihadirkan? Tiada lain adalah agar menjadi amal ibadah bagi Siti Hajar. 

Ikhlas memang memang ngak mudah, minimalnya tahu hal" yg bisa mengugurkan amalan kita dan kitapun tidak boleh membatalkan amalan karna takut ria...
.
Ibadah kita hanya mengharap Ridho Allah SWT, bukan karna sorga... tidak munafik, mengharap iya... tapi motivasi kita lebih karna Ketaatan kita pada Allah Swt., mengharap berjumpa dg Nya.
.
Nabi SAW menjelaskan penderitaan dan susahnya saat kematian sebagai nasihat kepada umatnya agar mempersiapkan diri untuk mati dan sabar dengan penderitaan dunia, karena sabar atas penderitaan dunia itu lebih ringan daripada mati, karena penderitaan mati itu termasuk siksa akhirat, dan siksaan akhirat itu jauh lebih berat daripada siksaan dunia.
Jadi, sebagai orang yang mengaku beriman kepada Allah, tentu tidak menginginkan kan merasakan pedihnya siksa akhirat? Tapi, hal itu akan kita rasakan, bahkan Rasulullah pun merasakan sakitnya saat kematian. Lalu, apakah kita mau diam saja setelah mengetahui hal tersebut? Tentu tidak bukan.
.
“Barangsiapa yang merasa yakin dan mengetahui bahwa kematian pasti akan datang kepadanya, maka harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dengan senantiasa mengerjakan amal-amal perbuatan yang baik dan menjauhi amal-amal perbuatan yang buruk, karena seseorang tidak tahu kapan kematian itu akan datang.” .... isya Allah, ada hikmah, ujian dibalik musibah-musibah misalnya ujian untuk para Jama'ah Haji tahun ini.
.
Lihatlah betapa Rosululloh SAW. yang derajatnya sangat mulia di hadapan Alloh SWT., masih mendapatkan ujian yang begitu berat. Dicaci, dihina, dibenci, disakiti, diboikot, diperangi.
.
Jika mau jujur, ujian yang menimpa kita saat ini belumlah seberapa. Memang begitulah hidup ini. Semakin kita sungguh-sungguh beriman kepada Alloh, semakin ujian itu akan datang. Tapi, sungguh ujian-ujian itu tidaklah berbahaya, karena yang berbahaya adalah cara kita mensikapi ujian tersebut.
.
Rosululloh Saw. bersabda, “Tidaklah seorang muslim ditimpa kelelahan, sakit, sedih, duka, gangguan, gundah gulana (kerisauan), bahkan duri yang menusuknya, melainkan Alloh akan hapuskan dengannya (musibah itu) kesalahan-kesalahannya“. (HR. Bukhari)
.
Aamiin Yaa Robbal'alamin.
Wallahu'alam bishowab,
Barakallahu fii kum.

Komentar

Nasihat Kubur:
1). Aku adalah tempat yg paling gelap di antara yg gelap, maka terangilah aku dengan TAHAJUD
2). Aku adalah tempat yang paling sempit, maka luaskanlah aku dengan ber SILATURAHIM
3). Aku adalah tempat yang paling sepi maka ramaikanlah aku dengan perbanyak baca AL-QUR'AN.
4). Aku adalah tempatnya binatang2 yang menjijikan maka racunilah ia dengan Amal SEDEKAH,
5). Aku yg menyepitmu hingga hancur bilamana tidak Solat, bebaskan sempitan itu dengan SALAT
6). Aku adalah tempat untuk merendammu dengan cairan yang amat sakit, bebaskan rendaman itu dengan PUASA
7) Aku adalah tempat Munkar & Nakir bertanya, maka siapkanlah jawabanmu dengan perbanyak mengucapkan kalimat "LAILAHAILALLAH"

Postingan populer dari blog ini

"SAYA TAK MAU BERPISAH DG HARTA SAYA"

:: IBADAH SHOLAT KITA ::

SIFAT-SIFAT YG HARUS DIJAUHI SEORANG MUSLIM