350 Siswa SMA Kursus Gratis Internet

UPAYA memperkenalkan internet terhadap siswa-siswi SMA/SMK terus dilakukan oleh Pusat Pendidikan Komputer (Pusdikom) Astagina di kompleks Nirmala Estate Jalan Yos Sudarso 20 Kota Tegal. Saat ini ada 350 siswa-siswi kelas dua di beberapa SMA/SMK sedang dididik agar dapat mengenal internet. Meski Astagina melakukan terobosan agar mereka tak gagap teknologi (gatek), mereka tak dipungut biaya. Bertepatan dengan itu, Senin (12/10)ini Pusdikom Astagina akan mewisuda 246 siswa.

Suasana pelatihan gratis yang diikuti oleh 350 siswa itu sungguh menarik. Mereka semula takut-takut memegang perangkat canggih itu. Namun berkat panduan Direktur Operasional Teguh Triswikuharso SKom dan Kepala Divisi Pendidikan Fahrudin SKom, mereka menjadi akrab .

"Wah senang banget bisa ikut training. Ternyata asyik ya main internet. Sayang waktunya hanya dua hari. Kalau bisa tambah menjadi seminggu, mungkin bisa menguasai internet," ujar Lulu. Hal senada juga disampaikan Indri, Mujahid, Suleman, Eka, Nia, Fika. Leni Siskawati yang tampak ceria karena bisa berkomunikasi lewat internet dengan temannya.

Tak Mengganggu

Gita Fatmawati merasa kini dia tak tertinggal jauh dibandingkan dengan teman-temannya yang sudah lebih dulu mengenal internet. Sebagaimana Gita, Siti Nurokhman, Achink Elli Udayana, Dewi Wijayanto mengaku baru kali pertama mengenal internet. Mereka senang bahwa pelatihan itu bisa dilaksanakan dalam setahun.

Menurut keterangan Fahrudin, ada beberapa SMA/SMK yang mengirim wakil siswa untuk mengikuti pelatihan itu, antara lain dari SMA Ihsaniyah, SMK Pius, SMA Negeri Kramat Kabupaten Tegal, SMA Dukuhturi, SMA Pancasakti. Agar tak mengganggu pelajaran, pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok pada pukul 14.00-16.00.

Teguh mengemukakan, pelatihan ini sebagai upaya sosialisasi bagi siswa. Ternyata tanggapannya bagus dan bahkan Astagina menjadi kewalahan. "Para siswa pelatihan juga senang karena merasa bisa menggunakan jaringan internet sebagai salah satu sumber mendapatkan pengetahuan," paparnya.

Tentang wisuda, Fahrudin mengatakan, sejak Astagina berdiri 1996, saat ini sudah meluluskan 3.500-an orang. Senin ini akan diwisuda 246 lulusan. Salah satu antisipasi atas kemajuan teknologi yang sedemikian pesat, lanjut Teguh, pada 1998 pihaknya menghadirkan teknologi internet bagi masyarakat Tegal dan sekitar. Kini Astagina sebagai Internet Service Provider swasta pertama di Kota Tegal.

Sebelum lulus, siswa juga diterjunkan ke pabrik/perusahaan untuk mengikuti program Pengalaman Kerja Produktif di Unit Usaha (PKPU). Setelah selesai PKPU, perusahaan otomatis bisa mengoptimalkan peran teknologi dalam mendukung perkembangan usahanya.

"Alhamdulillah, lulusan Astagina bisa terserap di bursa kerja," ujar Teguh dan Fahrudin. Dalam wisuda, para siswa akan menghibur undangan dengan persembahan band, teater, dan lain-lain.(Nuryanto Aji-34j)

Sumber : Koran Harian Suara Merdeka Senin, 11 Oktober 2004

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"SAYA TAK MAU BERPISAH DG HARTA SAYA"

:: IBADAH SHOLAT KITA ::

SIFAT-SIFAT YG HARUS DIJAUHI SEORANG MUSLIM