CARA MEMAHAMI AL-QUR'AN

CARA MEMAHAMI
AL-QUR'AN,
(5 Hal Yg Perlu Diperhatikan)


1. MEMAHAMI AYAT DENGAN AYAT

Menafsirkan satu ayat Al-Qur'an dengan ayat Al-Qur'an yang lain, adalah jenis penafsiran yang paling tinggi. Karena ada sebagian ayat Alquran itu menerangkan makna ayat-ayat yang lain. Contohnya ayat, yang artinya : “ Ketahuilah, sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak pernah merasa cemas dan tidak pula merasa bersedih hati.” [QS.Yunus : 62].

2. MEMAHAMI AL-QUR'AN DENGAN HADITS YANG SHAHIH

Menafsirkan ayat Alquran dengan hadits shahih sangatlah penting, bahkan harus. Allah menurunkan Alquran kepada Rasulullah tidak lain supaya diterangkan maksudnya kepada semua manusia. Firman Allah, yang artinya :
“… Dan Kami turunkan Alquran kepadamu (Muhammad) supaya kamu terangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka agar mereka pikirkan.” [QS. An-Nahl : 44].

3. MEMAHAMI AYAT DENGAN PEMAHAMAN SAHABAT

Merujuk kepada penafsiran Sahabat terhadap ayat-ayat Al Qur’an seperti Ibnu ‘Abbas dan Ibnu Mas’ud sangatlah penting sekali untuk mengetahui maksud suatu ayat. Karena, disamping senantiasa menyertai Rasulullah, mereka juga belajar langsung dari Beliau.

4. HARUS MENGETAHUI GRAMATIKA BAHASA ARAB

Tidak di ragukan lagi, untuk bisa memahami dan menafsirkan ayat-ayat Alquran , mengetahui gramatika bahasa arab sangatlah penting. Karena Alquran diturunkan dalam bahasa Arab.

Firman Allah yang artinya : “ Sungguh kami turunkan Alquran dengan bahasa Arab supaya kamu memahami.” [QS. Yusuf : 2].

5. MEMAHAMI NASH AL QUR’AN DENGAN ASBABUN NUZUL

Mengetahui Asbabun Nuzul (peristiwa yang melatari turunnya ayat) sangat membantu sekali dalam memahami Alquran dengan benar.
_____________________

SETIDAKNYA PERLU 17 ILMU Dalam MEMAHAMI Al-Qur’an (Yang Harus Dikuasai)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa menguraikan Al Qur’an dengan akal pikirannya sendiri dan merasa benar, maka sesungguhnya dia telah berbuat kesalahan”. (HR. Ahmad)


Dalam memaknai Al-Qur'an tersebut ada 17 Ilmu yang harus dikuasai agar bisa memahaminya dengan benar tidak serampangan, adalah sebagai berikut ;

1. Ilmu Mawathin al-Nuzul.

Yaitu ilmu yang menerangkan tempat-tempat turunnya ayat, masanya, awal dan akhirnya. Kitab yang membahas ilmu ini banyak. (Diantaranya ialah al-Itqan, tulisan al-Suyuthi)

2. Ilmu Tawarikh al-Nuzul.
Yaitu ilmu yang menerangkan dan menjelaskan masa turun ayat dan tertib turunnya, satu demi satu, dari awal turun hingga akhirnya, dan tertib turun surat dengan sempurna.

3. Ilmu Asbab al-Nuzul.
Yaitu ilmu yang menerangkan sebab-sebab turun ayat. (Diantara kitab yang menjelaskan hal ini ialah Lubab al-Nazul karangan al-Suyuthi)

4. Ilmu Qira'at.
Yaitu ilmu yang menerangkan rupa-rupa Qira'at (bacaan al-Qur'an yang diterima dari Rasulullah SAW). (Seindah-indah kitab untuk mempelajari ilmu ini ialah kitab al-Nasyr Fi Qira'at al-Asyr, tulisan Ibnu Jazary)

5. Ilmu Tajwid.
Ilmu yang menerangkan cara membaca al-Qur'an, tempat mulai dan pemberhentianny a, dan lain-lain yang berhubungan dengan itu.

6. Ilmu Gharib al-Qur'an.
Ilmu yang menerangkan makna kata-kata yang ganjil yang tidak terdapat dalam kitab-kitab biasa, atau tidak terdapat dalam percakapan sehari-hari. Ilmu ini menerangkan makna kata-kata yang halus, tinggi, dan pelik.

7. Ilmu I'rabil Qur'an.
Ilmu yang menerangkan baris al-Qur'an dan kedudukan lafal dalam ta'bir (susunan kalimat). Di antara kitab yang memenuhi kebutuhan dalam membahas ilmu ini ialah Imla al-Rahman, karangan Abdul Baqa al-Ukbary.

8. Ilmu Wujuh wa al-Nazhair.
Yaitu ilmu yang menerangkan kata-kata al-Qur'an yang banyak arti; menerangkan makna yang dimaksud pada satu-satu tempat. (Ilmu ini dapat mempelajari dalam kitab Mu'tarak alAqran, karangan al-Suyuthi)

9. Ilmu Ma'rifat al-Muhkam wa al-Mutasyabih.
Ilmu yang menyatakan ayat-ayat yang dipandang muhkam dan ayat-ayat yang dianggap mutasyabih. (Salah satu kitab mengenai illmu ini ialah al-Manzhumah al-Sakhawiyah, susunan Imam al-Sakhawy)

10. Ilmu Al-Nasikh wa Al-Mansukh.
Yaitu ilmu yang menerangkan ayat-ayat yang dianggap mansukh oleh sebagian mufassir. (Untuk mempelajari ilmu ini dapat dibaca kitab al-Nasikh wa al-Mansukh, susunan Abu Ja'far al-Nahhas dan al-Itqan karangan al-Suyuthi)

11. Ilmu Bada'i Al-Qur'an.
Ilmu yang membahas keindahan-keind ahan Al-Qur'an. Ilmu ini menerangkan kesusasteraan Al-Qur'an, kepelikan-kepel ikan dan ketinggian-keti nggian balaghah-nya. (Untuk ini dapat juga dibaca kitab al-Itqan karangan al-Suyuthi)

12. Ilmu I'dazAal-Qur'an.
Yaitu ilmu yang menerangkan kekuatan susunan tutur al- Qur'an, sehingga ia dipandang sebagai mukjizat, dapat melemahkan segala ahli bahasa Arab. (Kitab yang memenuhi keperluan ini ialah I’jaz al-Qur'an, karangan al-Baqillany)

13. Ilmu Tanasub Ayat al-Qur'an.
Ilmu yang menerangkan persesuaian antara suatu ayat dengan ayat sebelum dan sesudahnya. (Kitab yang memaparkan ilmu ini ialah, Nazhmu al-Durar karangan Ibrahim al-Riqa'iy)

14. Ilmu Aqsam al-Qur'an.
Yaitu ilmu yang menerangkan arti dan maksud-maksud sumpah Tuhan atau sumpah-sumpah lainnya yang terdapat di dalam al-Qur'an.

15. Ilmu Amtsal al-Qur'an.
Ilmu yang menerangkan segala perumpamaan yang ada dalam al-Qur'an.(Kitab yang dapat dipelajari untuk ilmu ini antara lain Amtsal al-Qur'an karangan al-Mawardi)

16. Ilmu Jidal Al-Qur'an.
Ilmu untuk mengetahui rupa-rupa debat yang dihadapkan Al- Qur'an kepada kaum musyrikin dan lain-lain. Ayat-ayat yang mengandung masalah ini. (Dikumpulkan oleh Najamuddin al- Thusy)

17. Ilmu Adab al-Tilawah al-Qur'an.
Yaitu ilmu yang mempelajari segala bentuk aturan yang harus dipakai dan dilaksanakan di dalam membaca al-Qur'an. Segala kesusilaan, kesopanan dan ketentuan yang harus dijaga ketika membaca al-Qur'an. Salah satu kitab yang amat baik.
____________________

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا
"Maka mengapakah mereka tidak mau mentadabburi al-Qur'an? Apakah karena hati mereka terkunci mati?" (QS 47:24)

Ada beberapa tahapan agar kita mampu untuk memahami dan mampu berinteraksi dengan Al-Quran.

Mempelajari secara rinci, susunan kata, konteks kalimat, arti yang terkandung, sebab turunnya (asbabun nuzul), i'rab sampai betul-betul memahami seluk-beluk ayat tersebut dan berbagai sudut pandang.
Memahami korelasi ayat dengan kondisi sekarang.

Merujuk kepada yang dipahami oleh para salafus shalih terutama pemahaman para shahabat.

Hal ini dikarenakan mereka lebih ahli dibanding Profesor Al-Quran terpintar saat ini pun, karena mereka mendapat petunjuk langsung dari Rasulullah saw. Oleh karena itu, dari aspek kesopanan dan aspek ilmiah, kita harus lebih mendahulukan pemahaman para shahabat. Hal ini untuk mencegah agar Al-Quran tidak difahami sesuai dengan hawa nafsu kita.

Wallahu A'lam Bishawab.


AL QUR'AN
MUJIZAT TERBESAR ISLAM.


Tetap TUHAN
hanya 1 Yang Maha Esa...

1 Tuhan berarti hanya 1 agama yg benar... Tidak mungkin semua agama benar...

Darimana kita tahu 1 agama benar dari Tuhan sedang lain salah ?

Kita tak bisa bicara dengan Tuhan... Malaikat...

Bukti Agama benar bukan dari KATA ORANG... bukan dari tingkah segolongan umat...

Karena itu semua ialah dari manusia yang tak sempurna

Bukti TERKUAT agama yang benar ialah dari KATA TUHAN... atau FIRMAN TUHAN.... atau KITAB SUCI...

Jika benar dari Tuhan...
Maka tidak boleh ada kesalahan sedikitpun didalamnya...

Dari sisi Matematika harus akurat... Karena tak mungkin Tuhan berbuat salah...

Dari sisi Astronomi harus tepat... Karena tak mungkin Tuhan tidak tahu alam semesta...

Dari sisi geologi, fisika, kimia, biologi, sandi, kode angka, jurnalistik, oceanografi, psikologi dan lainnya harus paling unggul...

Qur'an tidak ada cela dari segala sisi... yang sering terjadi malah manusia yg ngak faham tentang cara memahami Al Qur'an, mengartikannya sesuai nafsu, keinginannya sendiri dan MERASA BENAR.

Penemuan dengan alat modern telah ditulis Qur'an 1400 tahun lalu... Bahkan banyak ayat yang belum dapat dibuktikan oleh ilmu pengetahuan...

JADI SEMUA BAHASAN AKAN BERDASAR KITAB! Tidak cuma asal bicara kesana sini tanpa ada bukti

Contohnya: Penemuan abad 20 dgn teleskop, pesawat antariksa, satelit, komputer canggih & alat2 modern lain temukan bahwa alam semesta ini mengembang. Bintang & Galaksi satu sama lain saling menjauh

Alam semesta, yang segalanya terus bergerak menjauhi satu sama lain, berarti bahwa alam semesta tersebut terus-menerus "MENGEMBANG"

Tanpa bantuan alat2 diatas , tak bisa dipastikan jika alam semesta itu meluas. Tapi semua itu ternyata telah ditulis oleh Qur’an 1400 tahun lalu.

QS.51 Adz-Dzaariyaat:47 "Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan dan sesungguhnya Kami benar-benar MELUASKANNYA."
(Membuat jadi lebih luas)

Padahal diawal abad 20, satu-satunya pendapat tentang semesta ialah semesta itu tetap, diam, tak mengembang, tak meluas & sudah ada sejak dulu tanpa diciptakan siapapun.

Apa yg sebabkan Qur’an berani memastikan bahwa langit itu meluas? Apakah ini karangan Rasulullah Muhammad SAW ?

Tentu saja tidak mungkin seorang dari zaman kuno berani memastikan ini. Tidak lain ini ialah salah satu bukti bahwa Qur’an ialah firman Allah. & otomatis ini berarti Muhammad ialah Utusan Allah !

Adakah kitab lain berani mengatakan ini semua?

QS.21 Anbiyaa':30. "Dan apakah orang-orang
kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu ADALAH SUATU YANG PADU, KEMUDIAN KAMI PISAHKAN ANTARA KEDUANYA. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?"

Kata "ratq" ialah "suatu yg padu" dipakai untuk dua zat berbeda yg membentuk 1 kesatuan. Kata "fataqa" berarti "Kami pisahkan antara keduanya" dan bermakna sesuatu jadi ada melalui peristiwa pemisahan / pemecahan struktur dari "ratq".

Bermakna, segala sesuatu, termasuk "langit dan bumi" yg saat itu belum diciptakan, juga terkandung dalam titik tunggal yg masih berada dalam keadaan "ratq" ini.

DICIPTAKAN TUHAN.

"Dialah pencipta langit & bumi." QS.6 An’aam:101

Namun, ledakan penciptaan alam semesta ini bukan ledakan asal saja, sebab semua harus disertai ukuran tepat, atau semesta jadi berantakan tak terkendali

QS.25 Furqon:2 "Yang kepunyaan-Nyalah kerajaan langit & bumi & Dia tidak mempunyai anak & tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan & Dia telah menciptakan segala sesuatu & Dia TETAPKAN UKURAN2 -NYA DENGAN SERAPIH-RAPIHNYA."

Jika Allah membelah langit di awal penciptaan semesta TANPA ukuran tepat, maka:

* Jika kekerapan alam semesta hanya sedikit lebih tinggi, menurut teori relativitas Einstein, alam semesta tidak akan mengembang akibat gaya2 tarik partikel2 atom, tapi mengerut, & akhirnya lenyap pada satu titik.

SEMUA penemuan canggih abad terakhir ini menyatakan bahwa Qur’an Terbukti BENAR.

QS.41 Fushshilat:53 Kami akan perlihatkan pada mereka tanda2 Kami di segala wilayah bumi & pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa Tuhanmu jadi saksi atas segala sesuatu?

Penciptaan Semesta, jauh lebih dahsyat & lebih agung dibanding menciptakan Nabi Adam dari tanah, apalagi ciptakan Nabi Isa dari seorang wanita tanpa bapak.

QS.40 Al-Mu’min:57 “Sungguh penciptaan langit & bumi lebih besar dari penciptaan manusia, tapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”

Bagi Allah, penciptaan Nabi Isa tak lain hanya semisal menciptakan Nabi Adam saja.

QS.3 Ali Imran:59 Sungguh perumpamaan Isa di sisi Allah, ialah seperti Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah", maka jadilah dia.

Melihat dahsyatnya penciptaan Langit & Bumi, maka mustahil Allah Maha Besar memiliki keturunan.

QS.6 Al-An’aam:101 "Dia pencipta langit & bumi. Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tak mempunyai istri. Dia ciptakan segala sesuatu dan Dia mengetahui segala sesuatu."

QS.2:164 "Sungguh dalam penciptaan langit & bumi, silih bergantinya siang & malam, bahtera yg berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, & apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati-nya & Dia sebarkan di bumi segala hewan & pengisaran angin & awan yg dikendalikan antara langit & bumi; SUNGGUH ADA TANDA2 BAGI KAUM YG MEMIKIRKAN."

Mana bisa Nabi Isa dianggap Tuhan sedang beliau saja menyuruh agar sembah ALLAH saja?

Qs.5 Maa’idah:72 Sungguh kafirlah orang2 yg berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam", padahal Al Masih berkata: "HAI BANI ISRAIL, SEMBAHLAH ALLAH TUHANKU & TUHANMU".

Tentu saja orang kafir tak kan percaya ayat Qur’an ini, maka itu kami buktikan dari kitab di tangan mereka sendiri pun tertulis bahwa Nabi Isa tidak pernah menyuruh sembah dirinya, malah Nabii Isa menyuruh menyembah & berbakti hanya pada Allah saja.

Matius 4:10 Maka berkatalah Yesus padanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

Lukas 4:8 Kata Yesus: “Enyahlah, Iblis! Sebab tertulis:Kau harus sembah Tuhan, Allahmu,
dan HANYA PADA DIA SAJA kau berbakti!”

Jelas Nabi Isa TIDAK pernah menyuruh: Engkau harus sembah Aku dalam 3 tapi 1 atau Trinitas!

Markus 12:29 “Hukum TERUTAMA ialah: Dengar, hai orang israel, TUHAN ALLAH KITA, TUHAN ITU ESA.

Yesus berkata: “Tuhan Allah kita.” Artinya Tuhannya Yesus & Tuhannya orang israel!
Artinya Yesus bukan Tuhan sebab ia berTuhan.
Yesus TIDAK bilang: Tuhanmu itu Aku! atau Tuhan itu 3 dalam 1 atau Tuhan itu Trinitas!

Sabda Yesus sama dengan sabda Nabi Musa dalam Ulangan 6:4 Dengarlah, hai orang Israil: Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu esa!

Yes 45:6 Supaya orang tahu dari terbit matahari sampai terbenamnya, jika tak ada yg lain di luar Aku. AKULAH TUHAN & TIDAK ADA YG LAIN

Yes 43:10 Sebelum Aku tak ada Allah dibentuk dan SESUDAH AKU TIDAK AKAN ADA LAGI.

Dalam Markus 13;32, Mat 24;36 Jelas terbukti jika Yesus tak tahu kapan kiamat, yang tahu cuma Allah. Jadi Yesus bukan Tuhan sebab tidak Maha Tahu. Jelas Allah & Yesus itu lain

Bahkan Yesus saja bersyahadat:
Yohanes 17 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, SATU-SATUNYA ALLAH YANG BENAR, DAN MENGENAL YESUS KRISTUS YANG TELAH ENGKAU UTUS.

Lalu, apa dasar mereka menyembah Nabi Isa?

Dari itulah kami berani berkata bahwa Nabi Isa itu Islam, & tidak asal bicara tapi TERBUKTI:
 

Komentar

Aphriell Art mengatakan…
Pak, Posting tentang VB donk.
Esaprasetio.blogspot.com

Postingan populer dari blog ini

"SAYA TAK MAU BERPISAH DG HARTA SAYA"

:: IBADAH SHOLAT KITA ::

INFO LOWONGAN KERJA